Mengenal 9 Ciri Ciri Tapir Asia

Ciri Ciri Tapir Asia - Hay sahabat pecinta dunia hewan, kembali lagi bersama dalam artikel artikel yang mengupas tuntas tentang dunia hewan dalam kesempatan kali ini saya akan menshare informasi tentang ciri ciri yang dimiliki tapir asia, apakah teman teman mengenal dengan hewan yang satu ini? atau mungkin teman teman sangat familiar dengan hewan berkaki empat satu ini jika belum mengenalnya teman teman tidak perlu khawatir, karena saya akan memberikan informasinya buat teman.
Tapir adalah merupakan hewan berkaki empat dengan ukuran tubuh yang besar, tapir juga memiliki hidung seperti belalai gajah hanya saja ukuranya lebih pendek, selain itu juga diseluruh belahan dunia terdapat berbagai jenis tapir salah satunya adalah tapir asia atau biasa disebut dengan nama ilmiahnya tapirus indicus, tapir jenis ini termasuk kedalam hewan langka karena populasinya semakin berkuran selain itu merupakan satu satunya jenis tapir yang ada diasia, buat teman teman yang ingin mengetahui lebih jelas tentang ciri ciri yang dimiliki tapir asia teman teman bisa simak informasinya dibawah ini.

Ciri Ciri Tapir Asia

Berikut adalah beberapa ciri ciri yang dimiliki tapir asia dan dalam hal ini telah dirangkum agar teman teman dapat dengan mudah mengenali tapir asia diantaranya yakni :

1. Termasuk Kedalam Hewan Mamalia

Ciri ciri pertama yang dimiliki tapir asia adalah termasuk kedalam hewan mamalia atau hewan yang menyususi untuk tapir asia yang betina dan termasuk mamalia primitif terbesar didunia.

2. Memiliki Tubuh Yang Berukuran Besar

Ciri ciri kedua yang dimiliki oleh tapir asia yakni memiliki ukuran tubuh yang besar dimana memiliki corak warna perpaduan antara warna hitam dan putih, dan dapat berkamuflase sehingga terhindar dari serangan dari pemangsa

3. Memiliki Hudung Yang Cukup Panjang

Salah satu ciri khas yang unik dimiliki tapir yakni memiliki hidung yang cukup panjang seperti halnya belalai gajah.

4. Termasuk Kedalam Hewan Herbivora

Selanjutnya yang menjadi ciri ciri dari tapir asia adalah termasuk kedalam hewan pemakan rumput seperti buah buahan dan juga rumput.

5. Termasuk Hewan Nokturnal

Tapir asia adalah hewan yang termasuk kedalam hewan nokturnal karena kebanyakan seluruh aktivitasnya dilakukan pada malam hari, selain itu juga tapi adalah hewan suka berpindah pindah mencari tempat yang terdapat banyak makanan dan juga sumber air.

6. Populasi Tapir

Untuk populasi dari tapir asia adalah didaerah dataran rendah yakni dinegara asia tenggara seperti indonesia ,malaysia dan kini jenis tapir ini populasinya semakin berkurang setiap tahunnya sehingga membuat tapir asia menjadi salah satu hewan langka, tapir asia termasuk hewan yang berkembang biak secara vivipar atau dengan cara melahirkan 

7. Hidup Secara Mandiri

Yang menjadi ciri khas yang dimiliki dari tapir asia adalah termasuk hewan yang tidak suka berkelompok atau mandiri berbeda dengan kebanyakan hewan lain yang lebih suka hidup secara berkelompok.

8. Dapat Berlari Dengan Cepat

Salah satu ciri khas yang dimiliki tapir asia adalah dapat berlari dengan cepat meskipun memiliki tubuh yang besar seperti kuda nil yang dapat berlari dengan cepat.

9. Memiliki Gigi dan Rahang Yang Kuat

Ciri ciri terakhir yang dimiliki tapir asia adalah memiliki gigi dan rahang yang kuat sehingga dapat memungkinkan dapat menggigit makanan yang keras.
Baca Juga Artikel Berikut :
Nah teman teman itulah sekilas ulasan tentang Ciri Ciri Tapir Asia yang dapat saya share informasinya buat teman teman semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta dapat mengenali tapir asia.
Previous
Next Post »