Mengenal 4 Ciri Ciri Ayam Cemani

Ciri Ciri Ayam Cemani  -Hay sahabat pembaca setia, kembali lagi bersama dalam artikel artikel yang membahas seputar dunia hewan dan dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang ciri ciri ayam cemani, apakah teman teman mengenali jenis ayam yang satu ini ? mungkin ada yang yang mengenalnya dan ada juga baru pertama kali mendengar jenis ayam ini dan penasaran seperti apa sih ayam cemani ini.
Ayam cemani merupakan jenis ayam asli indonesia lebih tepatnya didesa kedu kec kedu kabupaten tumenggung jawa tengah, ayam ini memiliki ciri khas yang berbeda dari kebanyakan jenis ayam lainnya dimana ia memiliki seluruh tubuhnya berwarna hitam sehingga menjadikanya merupakan ayam legendaris, ayam cemani banyak diminati untuk dikoleksi dirumah hanya saja kini banyak ayam cemani bukan ayam cemani asli tetapi abal abal atau hasil perkawinan silang, nah buat teman teman yang ingin memeliharanya tidak perlu kawatir karena dengan menyimak informasi yang saya bahas ini dijamin teman teman bisa membedakan antara ayam cemani asli dan palsu.

Ciri Ciri Ayam Cemani      

Berikut ini adalah ciri ciri ayam cemani yang bisa teman ketahui agar dapat dengan mudah dalam membedakan ayam cemani asli dan palsu dan dalam kesempatan kali ini telah dirangkum agar mudah dipahami diantaranya yakni :

1. Bagian Kepala

Ciri pertama yang biasa teman teman perhatikan yakni pada bagian kepalanya dimana ayam cemani memiliki paruh berwarna hitam, pada bagian jengger ayam cemani berdiri tegak berwarna hitam hanya saja ketika beranjak dewasa pada jengger bagian bawah nantinya agak sedikit berwarna merah.

2. Bulu 

Selanjutnya yang bisa teman teman perhatikan yakni pada bagian bulu dari ayam cemani dimana bulunya untuk ayam cemani asli biasanya berwarna hitam yang persentasenya bisa mencapai 100% sedangkan untuk yang sudah dikawin silangkan biasanya warna bulunya tidak sepenuhnya hitam biasanya hanya mencapai 95% saja.

3. Kaki

Ciri selanjutnya yakni pada bagian kaki dimana ayam cemani asli memiliki kaki yang kokoh berwarna hitam yang terdiri dari empat jari dimana tiga berada didepan dan satu berada dibelakang terdapat kuku yang tajam pada ujung jarinya serta tedapat taji yang tajam pada bagian kaki belakang.

4. Pada Bagian Tubuh

Sedangkan pada bagian tubuh ayam cemani memiliki berat untuk ayam jantan sekitar 3-4 kg sedangkan betina biasanya 2-3 kg dan untuk kulit dari ayam cemani sendiri berwarna hitam berbeda sekali dengan jenis ayam lain yang sering kita jumpai berwarna merah muda.
Baca Juga Artikel Berikut :
Nah teman teman itulah sekilas ulasan tentang Ciri Ciri Ayam Cemani yang bisa saya share ulasanya buat teman teman semoga dapat membantu teman teman dalam membedakan antara ayam cemani asli dan palsu.
Previous
Next Post »