13 Jenis Ayam Hias Paling Populer

Jenis Ayam Hias - Hay guys kembali lagi bersama dalam artikel artikel yang membahas tuntas seputar dunia hewan dan dalam kesempatan kali ini saya akan menshare tentang jenis ayam hias paling populer buat teman teman simak, mungkin saat ini ada diantara teman teman yang memelihara salah dari jenis ayam hias ini.
Memiliki perkarangan rumah yang cukup luas tentu sayang jika tidak dimanfaatkan untuk hal hal yang berguna yakni seperti memelihara hewan contohnya adalah ayam hiasa, ayam hias memiliki ciri ciri yang berbeda dengan ayam pada umumnya yang biasa kita makan dimana untuk ayam hiasa biasanya memiliki bulu dengan warna yang indah dan memiliki ciri khas yang unik, nah buat teman yang belum mempunyai atau ingin memiliki ayam hias ini bisa simak informasi dibawah ini mana tau ada yang teman teman minati. 

Jenis Ayam Hias Paling Populer

Berikut ini adalah jenis ayam hias paling populer yang bisa menjadi recomendasi buat teman teman pelihara dirumah dan dalam kesempatan kali ini telah dirangkum kedalam 15 jenis diantaranya yakni:

1. Ayam Sumatra

Seperti dengan namanya ayam ini berasal dari sumatra dimana ayam sumatra memiliki ciri ciri yakni memiliki ukuran tubuh yang kecil meski demikian ayam sumatra memiliki perawakan yang tegap, memiliki paruh yang pendek,memiliki bulu berwarna hitam gelap sedangkan pada bagian kepala berwarna merah.

2. Ayam Kate

Ayam hias selanjutnya yang bisa menjadi recomendasi adalah ayam kate dimana ia memiliki ciri ciri yakni memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari kebanyakan ayam, memiliki kaki yang pendek,memiliki bulu yang indah yakni combinasi warna hitam, coklat, orange dan kuning, selain itu ayam kate juga memiliki jengger yang indah dimana jenggernya berdiri tegak, ayam kate memiliki berbagai macam jenisnya yakni ayam kate lokal, ayam kate batindo, ayam kate bangkok, ayam kate emas, ayam kate cochin, ayam kate kaki pedang.

3. Ayam Serama

    



Ayam serama adalah ayam yang berasal dari negeri jiran dimana ia memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari pada ayam kate, ayam serama memiliki berat untuk jantan sekitar 8 ons dan untuk betina 5 ons, ayam ini terbilang unik karena ayam serama bisa membusungkan dadanya sehingga terlihat gagah hal ini tentu membuat banyak orang ingin memeliharanya dirumah.

4. Ayam Poland

  
Recomendasi berikutnya yakni ayam poland dimana ayam jenis ini berasal dari negera rusia ini memiliki ciri ciri yakni untuk ayam jantan punya jengger seperti tanduk atau berbentuk V dan berwarna merah cerah, dibelakang jengger ada jambul atau bulu mahkota yang panjang, lebat dan kaku yang berwarna putih. Jengger ayam betina tidak nampak karena tertutup bulu mahkota yang berbentuk kribo, untuk membudidayakan ayam jenis ini terbilang cukup sulit karena ada beberapa kasus bahwa ayam poland sering membunuh anaknya yang baru menetas.

5. Ayam Cemani

Mungkin teman teman sangat mengenal dengan ayam yang satu ini, ya dia adalah ayam cemani dimana ia memiliki ciri ciri yakni seluruh tubuhnya berwarna hitam, memiliki ciri ciri yang hampir sama seperti jenis ayam lainya dan untuk populasanya sendiri ayam cemani tersebar diwilayah magelang dan tumenggung jawa tengah.

6. Ayam Hutan

Sama seperti namanya ayam ini merupakan ayam yang berasal dari hutan dimana ayam hutan terdiri dari beberapa macam yakni :
Ayam Hutan Kelabu
Ayam ini berukuran sedang, ayam jantan dengan panjang sekitar 80cm. Ayam betina berukuran lebih kecil, dengan panjang sekitar 38cm. Ayam hutan jantan memiliki bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel berwarna kelabu berbintik hitam-putih dengan kulit muka merah, bercak putih di telinga, paruh kuning kecoklatan, iris mata kuning. Ekor hitam keunguan dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Sisi bawah tubuh berwarna kelabu bergaris putih dan kakinya berwarna kuning kemerahan terang dengan sebuah taji.  
Ayam Hutan Hijau
Ayam jantan memiliki ukuran panjang sekitar 70 cm dan berat badannya sekitar 0,7-1,5 kg. Bulu dada hitam berbaur hijau mengkilap dengan ujung ke kuning-kuningan, bulu ekor panjang melengkung, berwarna hitam. Bulu leher kecil-kecil, merah kekuning-kuningan, jengger bulat rata, pial tunggal dan bunyi kokoknya ce-ki-krek.  
Ayam Hutan Merah
Ayam hutan merah merupakan jenis ayan hutan yang penyebarannya cukup luas, antara lain di Indonesia, China, dan India, memiliki ciri ciri yakni mempunyai berat badan untuk ayam jantan dewasa 0,7 Kg dan betina 0,4 Kg.

7. Ayam Batik

Ayam yang berasal dari inggris ini memiliki ciri ciri yakni memiliki warna bulu dengan motif sisik ikan yang tersusun rapih seperti layaknya batik, untuk ayam batik dengan warna dasar coklat kemerahan atau kekuningan dan disebut batik kanada, serta yang berwarna dasar putih keperakan disebut batik italy.

8. Ayam Bekisar

Ayam bekisar merupakan ayam hasil perkawinan silang antara ayam kampung betina dan ayam hutan hijau memiliki ciri ciri yakni memiliki bentuk bulu leher yang ujungnya bulat / lonjong bukan lancip. Jika dibandingkan dengan ayam jago biasa maka akan terlihat jelas. 

9. Ayam Pelung

Ayam pelung tersebar diwilayah sukabumi dan cianjur memiliki ciri ciri yakni memiliki tubuh yang besar tinggi dengan jengger yang berdiri tegak pada bagian kepalanya berwarna merah muda, pada bagian bulu ayam pelung memiliki warna hitam, merah coklat dan orange.

10. Ayam Nunukan 

Selanjutnya yakni ayam nunukan dimana ia berasal dari kalimantan timur, ayama nunukan memiliki ciri ciri yakni bulu sayap dan ekornya tidak dapat berkembang dengan sempurna, warna bulunya merah cerah atau merah kekuning-kuningan, kaki dan paruhnya kuning atau putih kekuning-kuningan, serta pial dan jenggernya berwarna merah cerah, memiliki berat badan untuk jantan 3,4 - 4,2 kg dan betina 1,6 - 1,9 kg.

11. Ayam Onogodari

Ayam onogodari berasal dari jepang memiliki ciri khas yang unik dimana ia memiliki ekor yang panjang dimana panjangnya bisa mencapai 1,5 meter, sehingga buat teman teman yang ingin memeliharanya butuh kandang yang ektra panjang dan untuk warna bulunya sendiri ayam onogodari memiliki warna putih bersih atau juga campuran dengan warna lain dan warna hitam polos.

12. Ayam Kapas

Ayam kapas juga bisa menjadi recomendasi untuk teman teman pelihara selanjutnya dimana ayam kapas memiliki ciri ciri yakni memiliki bulu yang terbal berwarna putih yang menutupi seluruh tubuhnya dan untuk populasinya sendiri ayam kapas ini berasal dari negara china.

13 Ayam Cochin

Ayam cochin terkenal dengan bulu pada bagiian kakinya sehingga sekilas terlihat seperti ayam yang menggunaka sepatu bulu, ayam cochin ini berasal dari china hanya saja perkembanganya lebih banyak dinegara inggris dan francis.
Baca Juga Artikel Berikut :
Nah teman teman itulah sekilas ulasan tentang Jenis Ayam Hias yang bisa saya share informasinya buat teman teman semoga dapat menjadi recomendasi buat teman teman pelihara dirumah, sampai jumpa pada artikel lain yang tidak kalah menarik tentunya. 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Sylvia ANg
AUTHOR
September 3, 2020 at 9:45 PM delete

Konten yang bagus dan sangat bermanfaat.. Menyerupai Laman Blog pemainayam.vip

Konten Paling Populer : Ciri Ayam Mangon Dan Kelebihan Ayam Mangon

Reply
avatar