8 Cara Penggemukan Sapi Limosin Terbukti Ampuh

Cara Penggemukan Sapi LimosinSapi limosin adalah salah satu jenis sapi yang berasal dari Bos Turus. Sapi ini dikembangkan pertama kalinya di negara Perancis. Sapi limosin merupakan tipe sapi pedaging dengan otot-otot yang lebih baik dari berbagai macam jenis sapi yang telah ada di Indonesia. Dari segi fisiknya, warna bulu sapi limosin cenderung berwarna coklat tua, dengan lutut kebawah dan ambing berwarna putih. Bentuk badannya cenderung besar, padat, panjang, dan kompak. Ciri-ciri yang lain di antaranya sapi ini tidak memiliki tanduk, badannya bagus, besar dan memiliki pantat yang lebar dan besar.

Secara dasarnya, sapi limosin adalah salah satu sapi yang memiliki kemampuan pertumbuhan yang sangat cepat. Hal itu disebabkan karena sapi limosin merupakan sapi yang asalnya dari wilayah beriklim dingin, badannya besar, mempunyai kemampuan menambah konsumsi di luar kebutuhan yang tinggi, serta memiliki volume rumen yang juga besar. Oleh karena itulah sapi limosin mampu tumbuh dengan kekar panjang dan juga cepat.
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sumber hewan ternak berlimpah, karena di indonesia sangat cocok sekali untuk berternak hewan seperti sapi karena di indonesia alamnya masih asri dan masih banyak sekali lahan pakan untuk hewan ternak, salah satu hewan ternak yang paling banyak diternak oleh orang orang indonesia adalah sapi limosin.
Sapi limosin adalah hewan ternak yang memiliki banyak manfaat bagi pemiliknya seperti dapat diambil susunya, daging, kulit dan juga bisa digunakan untuk menarik gerobak atau membajak sawah selain itu juga sapi limosin juga terkenal dengan sapi dengan harga yang sangat tinggi serta kualitas daging terbaik menjadi keunggulanya, meski demikian di indonesia yang memiliharanya jenis sapi ini masihlah sedikit hal dikarenakan banyak yang memelihara sapi limosin hanya sekedar sambilan saja.
Sementara itu pertumbuhan penduduk di Indonesia kita semakin meningkat sehingga jumlah permintaan dan kebutuhan daging juga meningkat, terutama daging sapi limosin.

Dengan masih belum terpenuhinya jumlah kebutuhan masyarakat akan daging dan akhirnya pemerintah akan melakukan impor dan semacamnya yang akan membuat harga daging sapi juga terpengaruh. Dengan kata lain, apabila kita dapat memenuhi kebutuhan sapi limosin secara mandiri, maka akan ada lebih banyak dana yang bisa diserap oleh masyarakat kita secara langsung dan tentunya akan lebih bermanfaat. Walaupun banyak peternak yang bekerja dengan mengembangbiakkan sapi limosin sebagai jenis sapi pilihan yang ingin mereka kembangkan, tidak semua orang benar benar berhasil dalam mengembang biakan dan menggemukan sapi limosin hal ini disebabkan banyak para peternak yang kurang mengetahui cara yang benar dalam mengemukan sapi limosin, banyak para peternak sapi limosin lebih fokus hanya dalam pemberian pakan saja dan mengabaikan faktor faktor lain yang penting dalam proses pengemukan sapi limosin, untuk itu sebaiknya para peternak harus ketahui terlebih dahulu cara pengemukan sapi limosin yang benar dan terbukti ampuh  yang akan saya ulas pada artikel ini, dari pada penasaran simak saja informasinya dibawah ini.   

Cara Penggemukan Sapi Limosin

Berikut ini adalah cara penggenukan sapi limosin yang benar terbukti ampuh yang bisa teman teman praktekan dirumah dan dalam kesempatan kali ini telah dirangkum agar mudah dipahami diantaranya yakni :

1. Mencari Pakan Yang Cocok dan Dengan Gizi Yang Cukup 

Agar sapi limosin dapat tumbuh dengan baik dan juga gemuk sebaiknya teman teman harus mencari pakan yang cocok dan mengandung gizi yang cukup untuk pertumbuhan sapi limosin, mengapa saya menyarankan hal ini dengan kita memberikan pakan dengan gizi yang cukup saja tentu akan membuat sapi tidak merasa nyaman dengan pakan tersebut untuk itu sebaiknya selain memiliki kandung gizi yang cukup pakan juga haruslah cocok dengan sapi limosin.

2. Mencari Pakan di Waktu Yang Tepat

Selanjutnya yang bisa teman teman perhatikan dalam pengemukan sapi limosin adalah dengan mencari pakan diwaktu yang tepat hal ini perlu dilakukan agar pakan yang diperoleh tidak mengandung telur cacing ataupun bibit penyakit sehingga sapi limosin terjaga kesehatanya untuk itu saya akan menyarankan waktu mencari pakan di siang hari ataupun sore hari karena biasanya diwaktu ini tidak terdapat telur cacing yang ditetaskan oleh induk cacing dan ada juga yang mati pada waktu tersebut.

3. Memberikan Vitamin

Memberikan vitamin pada sapi limosin pada jangka waktu tertentu sangat membantu dalam pertumbungan sapi limosin serta menghindarkan dari serangan penyakit kerena vitamin dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh sapi limosin.

4. Memberikan Pakan Hijau

Agar sapi limosin teman teman teman cepat gemuk sebaiknya berikan juga pakan hijau seperti rumput, siratro, lamtoro, gamal, centro, jerami dan lain sebagainya.

5. Memberikan Pakan Konsentrat

Selain memberikan pakan dengan gizi yang cukup, pakan hijau juga teman teman bisa memberikan pakan konsentrat sebab dengan melakukan kombinasi antara pakan hijau yang mengandung gizi yang cukup dengan pakan konsentrat akan membantu pencernaan sapi limosin menjadi lebih baik dan sapi limosin menjadi cepat gemuk dan untuk pakan konsentrat yang bisa teman teman berikan yakni ampas tahu, ampas tebu, bekatul, dedak, kulit biji kedelai, dan lain sebagainya.

6. Memberikan Pakan di Waktu Yang Tepat 

Dalam pemberian pakan pada sapi limosin teman teman tidak bisa asal asalan dalam memberikan pakan karena akan berpengaruh pada pertumbuhan sapi limosin untuk itu perlulah teman teman memberikan pakan diwaktu yang tepat yakni pada pukul 8 pagi , 12 siang dan 5 sore.

7. Membuat Kandang Yang Sesuai

Agar sapi limosin cepat gemuk teman teman harus perhatikan yakni kandang dari sapi limosin untuk menghindarkan dari faktor faktor yang dapat menghambat proses pengemukan sapi limosin seperti terlalu banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh sapi limosin sehingga mempengaruhi produksi daging untuk itu sebaiknya buatlah satu kandang untuk sapi dengan ukuran 2,5 x 1,5 meter hal ini berguna sekali untuk membatasi ruang gerak sapi sehingga sapi lebih banyak menghabiskan energinya untuk makan.

8. Memberikan Vaksinasi

Hal terakahir yang bisa teman teman perhatikan yakni dengan memberikan vaksinasi pada sapi limosin agar terhindar dari virus penyebab penyakit pada sapi limosin.
Baca Juga Artikel Berikut :
Nah teman teman itulah sekilas ulasan tentang Cara Penggemukan Sapi Limosin yang bisa saya share informasinya buat teman teman, semoga dapat membantu teman teman yang ingin menggemukan sapi limosin yang teman teman pelihara.
Previous
Next Post »