7 Cara Melatih Merpati Balap agar Cepat dan Terbang Tinggi

Cara Melatih Merpati Balap - Hay sahabat pecinta hewan, kembali lagi bersama dalam artikel artikel yang membahas seputar dunia hewan dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara melatih merpati balap, salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh para pecinta hewan adalah burung salah satu jenis burung yang sangat populer yakni burung merpati balap, merpati balap sering dijadikan sebagai burung untuk perlombaan.
Burung merpati balap termasuk burung yang mudah dipelihara dan dilatih untuk perlombaan, buat teman teman yang ingin memenangkan pertandingan perlulah pelatihan khusus agar nantinya burung merpati dapat terbang dengan cepat dan biasanya dilatih oleh orang yang berpengalaman nah untuk teman teman yang masih pemula tidak perlu kawatir karena dengan mengikuti tips yang saya berikan ini dijamin deh burung merpati balap teman teman bisa terbang dengan cepat. 

Cara Melatih Merpati Balap agar Cepat dan Terbang Tinggi

Berikut ini adalah cara yang bisa teman teman lakukan dirumah dan dalam kesempatan kali ini telah dirangkum agar mudah dipahami diantaranya yakni :

1. Perhatikan Kelayakan Burung Untuk Terbang

Hal pertama yang mesti teman teman perhatikan yakni kelayakan burung untuk terbang dimana kelayakan ini bisa dilihat dari usia yang dimiliki oleh merpati balap, kelihayanya dalam terbang, dan sejauh mana ia terbang apakah sudah terbiasa dengan jarak 500 meter jika belum sebaiknya jangan sekali kali menggunakan burung merpati balap ini.

2. Malatih Terbang Dengan Jarak 1 - 30 Meter

Untuk hari pertama latihlah burung merpati balap teman dijarak dekat terlebih dahulu yakni 1 meter, agar burung merpati balap teman teman tidak malas terbang teman teman bisa menggunakan burung merpati betina sebagai pancinganya, lakukan hal ini 5 - 10 kali kemudian istirahatkan jika sudah ulangi kembali hingga merpati benar benar terbang dengan baik, saat burung merpati balap terbiasa dengan jarak 1 meter teman teman bisa menaikan jaraknya yakni menjadi 5 meter buat burung merpati balap menjadi terbiasa terbang pada jarang 5 meter istirahatkan kemudian lanjutkan kembali, jika sudah tambah jarak menjadi 7 meter kemudian, 10 meter, 15 meter, 20 meter hingga mencapai 30 meter.

3. Melatih Terbang Dengan Jarak Ratusan Meter

Setelah melatih merpati balapmu dengan jarak satu sampai tiga puluh meter, maka pada tahap berikutnya kamu dapat menambah jarak latihan tersebut menjadi lima puluh meter, seratus meter, dua ratus meter hingga jarak lima ratus meter. Tentu saja pola latihan yang tepat juga perlu kamu lakukan sebagaimana yang kamu lakukan pada tahap-tahap sebelumnya. Dengan demikian burung merpati balapmu dapat memiliki pengalaman terbang yang banyak serta meningkatkan kemampuan tubuhnya untuk terbang dengan cepat. 

4. Menjemur Merpati Balap

Agar merpati balap dapat terbang dengan cepat secara sempurna teman bisa memberikan perlakukan khusus yakni dengan menjemurnya setiap hari di bawah sinar matahari yang tidak terlalu panas, cara ini juga efektif jika teman teman ingin menggunakanya untuk berlomba bisa teman teman jemur burung merpati balap teman teman sebelum pertandingan dimulai dimana tujuannya agar burung merpati balap tetap prima saat perlombaan nantinya.

5. Memberikan Pakan Khusus

Agar dapat meningkatkan kecepatan terbang dari merpati balap teman teman bisa memberikanya pakan khusus yang dapat memberikan tambahan stamina, salah satu pakan yang bisa teman teman berikan yakni jagung.

6. Memberikan Vitamin

Selain memberikan pakan khusus teman teman juga harus memberikan tambahan vitamin, karena biasanya burung merpati balap setelah ia berlatih atau berlomba membuat nafsu makanya berkurang untuk itu diberikanlah vitamin agar nafsu makannya tidak berkurang.

7. Memberikan Kunyit

Selain memberikan vitamin pada burung merpati balap teman teman juga bisa menambahkan kunyit dimana efek dari kunyit sendiri yakni untuk menjaga stamina dari burung merpati balap, sebagai antibodi dan penambah nafsu makan.
Baca Juga Artikel Berikut :
Nah teman teman itulah sekilas ulasan tentang Cara Melatih Merpati Balap yang bisa saya share informasinya buat teman teman, semoga dapat membantu teman teman yang ingin melatih merpati balapnya dirumah.    
Previous
Next Post »