6 Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Cara Ternak LovebirdBurung atau unggas adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx. Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang.
Burung merupakan hewan yang juga banyak diminati oleh kebanyakan orang untuk dipelihara dirumah, salah satu burung yang banyak diminati adalah burung lovebird, mengapa banyak diminati karena burung burung lovebird memiliki warna warna yang indah yang tentunya memanjakan mata selain bisa menjadi hobi juga bisa mendatangkan penghasilan buat yang bisa mengembangbiakan karena harganya yang mahal, buat teman teman yang ingin mengembangbiakan burung lovebird bisa ikuti tips cara ternak lovebird dibawah ini.

Cara Ternak Lovebird  

Berikut ini adalah cara ternak lovebird agar cepat bertelur yang bisa teman teman ketahui dan dalam hal ini telah dirangkum agar mudah dipahami diantaranya :

1. Memasang Lampu Full Spektrum Dalam Kandang 

Cara pertama ini terbukti ampuh untuk membuat burung lovebird teman teman menjadi cepat bertelur sebab cahaya yang dipancarkan oleh lampu jenis ini sama dengan halnya cahaya matahari sehingga membuat burung menjadi nyaman saat berada didalam kandang usahakan juga berikan suasana gelap saat ia tidur untuk itu teman teman bisa mengatur jadwal diberikan cahaya pada kandang burung.

2. Memasang Kotak Sarang Secara Tepat

Cara kedua adalah dengan memasang kotak sarang secara tepat untuk bertelur, sebaiknya buatkan kotak sarang dengan ukuran yang tidak terlalu sempit dan tidak terlalu luas kira kira sesuai dengan ukuran burung lovebird kemudian beriakan serutan kayu bersih pada kotak sarang tersebut untuk dia bertelur.

3. Menempatkan Pasangan Lovebird Lain Dalam Satu Ruangan

Cara ketiga yang terbukti ampuh yakni dengan menempatkan pasangan lovebird lain dalam satu ruangan hal ini bisa teman teman lakukan karena dengan mendengarkan suara pasangan lovebird lain yang sedang bertelur pada satu ruang dapat memancing lovebird untuk ikut bertelur juga.

4. Mengubah dan Mengatur Pola Makan 

Mengubah pola makan adalah salah satu cara ternak lovebird agar cepat bertelur yang lazim dalam penangkaran lovebird. perubahan pola makan biasanya diatur dengan menyediakan pakan yang bisa membuat birahi burung terdongkrak. berikan makanan yang dapat memicu hormon lovebird betina supaya cepat bertelur. Jenis pakan yang dimaksud antara lain kangkung, tauge, dan biji kuaci.

5. Rutin Mengganti Minuman 

Selanjutnya yang bisa teman teman lakukan yakni dengan rutin mengganti minuman dari burung lovebird teman teman hal ini perlu dilakukan karena dapat menjaga kebersihan air yang diminum oleh burung lovebird teman teman sehingga burung lovebird tidak mudah sakit, teman teman juga bisa membersihkan terlebih dahulu temapt minum tersebut sebelum diganti dengan air minum yang baru.

6. Penyebab Lovebird Sulit Bertelur

Terakhir adalah dengan mengenali terlebih dahulu apa saja penyebab lovebird sulit bertelur berikut faktor penyebabnya :
  • Lovebird yang sulit bertelur pada umumnya dikarenakan beberapa faktor, antara lain sebagai berikut ini.
  • Lovebird betina yang dikawinkan termasuk persilangan antara lovebird klep dengan lovebirdnon-klep. Keturunan love bird atau filial pertama hasil dari persilangan ini, yang biasa dikatakan semi-klep.
  • Pada umumnya telurnya bersifat infertil. Dalam bermacam kasus, Lovebird betina semi-klep juga tidak berhasil menghasilkan telur.
  • Lovebird merupakan burung monomorfik seksual, ataupun penampilan Lovebird jantan serta betina tampak serupa.
  • Jadi, begitu dimungkinkan burung yang seakan akan berjodoh yaitu sama-sama jenis kelamin jantan. Oleh sebab itu, walaupun kita tunggu hingga bertahun-tahun tentunya tidak akan pernah bertelur.
  • Penangkar tidak punya catatan tentang umur induk lovebird, terutama induk betina. Apabila tidak mengetahui umurnya, begitu dimungkinkan burung betina yang dipakai belum mencapai umur yang tergolong dewasa.
  • Jadi memang belum dapat bertelur. Sebagai pilihan, pilihlah lovebird betina non-klep denagn umur 5 hingga 7 bulan. Atau pilihlah lovebird klep umur 8 hingga 12 bulan, sebagai calon induknya.   
Baca Juga Artikel Berikut :
Nah teman teman itulah sekilas ulasan tentang Cara Ternak Lovebird yang bisa saya share informasinya buat teman teman semoga dapat bermanfaat buat teman teman, sampai jumpa pada artikel lain yang tidak kalah menarik tentunya.
Previous
Next Post »