9 Cara Mengobati Infeksi Telinga Pada Anjing

Cara Mengobati Infeksi Telinga  - Hay guys kembali lagi bersama dalam artikel artikel yang membahas tuntas seputar dunia hewan, dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengobati infeksi telinga pada anjing, mungkin teman teman pernah melihat anjing peliharaan teman teman menggaruk telinganya, menggoyang goyangkan kepala, atau keluar kotoran berbau dari telinganya, barangkali anjing peliharaan teman teman mempunyai infeksi telinga.
Infeksi telinga pada anjing bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti bakteri atau jamur selain itu juga bisa disebabkan oleh alergi oleh makanan tertentu dan perubahan cuaca yang tidak baik untuk kesehatan anjing, untuk itu perlulah teman teman ketahui cara mengobati infeksi telinga pada anjing agar tidak terus berkelanjutan dibawah ini.

Cara Mengobati Infeksi Telinga Pada Anjing

Berikut adalah beberapa cara mengobati infeksi telinga pada anjing yang bisa teman teman lakukan dirumah dan dalam kesempatan kali ini telah dirangkum agar mudah dipahami diantaranya yakni :

1. Pahami Gejala

Hal pertama yang bisa teman teman lakukan yakni dengan memperhatikan kebiasaan kebiasan yang menurut teman teman berbeda dengan biasanya terutama pada fisiknya seperti :
  • Menggaruk menggaruk telinga
  • Muncul kotoran berwarna kuning, cokelat, atau berdarah
  • Telinga berbau
  • Telinga kemerah merahan
  • Bengkak
  • Kulit keras atau terdapat keropeng sekitar daun telinga
  • Kebotakan bulu di sekitar telinga
  • Menggosok gosokkan area telinga pada lantai atau perabotan rumah
  • Menggoyang goyangkan atau memiringkan kepala
  • Kehilangan keseimbangan  
  • Pergerakan mata yang tidak biasa
  • Berjalan berputar putar
  • Kehilangan pendengaran

2. Kapan Saat Yang Tepat Membawa ke Dokter Hewan

Hal yang kedua yang bisa teman lakukan adalah jika anjing peliharaan teman teman menunjukan gejala gejala seperti diatas maka segeralah bawa anjing peliharaan teman teman kedokter hewan agar dapat diberi penanganan yang tepat sehingga infeksi telinga tidak menjadi parah.

3. Berikan Obat Untuk Infeksi Telinga

Hal ketiga yang bisa teman teman lakukan yakni dengan memberikan obat untuk infeksi telinga biasanya dokter hewan akan menyarankan untuk menggunakan pencuci telinga anti jamur, obat obatan suntikan, dan obat anti jamur oral.

4. Batasi Aktivitas Anjing

Hal keempat yang bisa dilakukan yakni dengan membatasi aktivitas anjing hal ini perlu dilakukan agar anjing peliharaan teman teman cepat sembuh dan usahakan kelembaban dari telinga anjing yang terinfeksi tidak berlebih sebab jika berlebih akan menghambat penyebuhan.

5. Cegah Infeksi Lanjutan

Selanjutnya yakni dengan cegah infeksi lanjutan sebab jika anjing sudah terkena infeksi telinga dapat membuat infeksi terus menerus bahkan besar kemungkinan bisa sampai seumur hidup untuk itu perlulah pencegah infeksi lanjutan berikut :
  • Hindari berenang atau mandi yang terlalu sering
  • Sumbat telinga anjing peliharaan Sobat menggunakan kapas sebelum dimandikan
  • Taburi telinga anjing peliharaan Sobat dengan produk yang mengandung asam salisilat (yang dapat membantu mengeringkan saluran telinga yang basah)
  • Periksa dan obati alergi yang barangkali anjing peliharaan Sobat miliki
  • Bersihkan telinga anjing peliharaan Sobat secara rutin

6. Aplikasikan Cairan Pembersih

Tuangkan pembersih secukupnya pada saluran telinga anjing peliharaan Sobat mengikuti petunjuk pada botolnya. Pijat dasar telinga anjing peliharaan selama 20 hingga 30 detik agar cairan merata dan merontokkan debris atau serpihan kotoran.

7. Sumbat dan Pijat Telinga

Sumbatlah telinga anjing menggunakan bola kapas kemudian dilanjutkan dengan melakukan pemijatan pada bagian bawah bukaan telinga hal ini berfungsi agar cairan pembersih tadi dapat terserap oleh bola kapas.

8. Keluarkan Bola Kapas Tadi dan Amati

Keluarkan bola kapas yang sudah kita gunakan tadi kemudian amati apakah masih terdapat kotoran pada telinga jika masih lakukan lagi pada langkah ketujuh hingga benar benar bersih

9. Tindak Lanjut ke Dokter Hewan

Hal terakhir yang bisa teman teman lakukan adalah melakukan tindak lanjut kedokter hewan untuk memeriksa perkembangan dari pengobatan anjing yang terkena infeksi hingga anjing benar benar pulih.
Baca Juga Artikel Berikut :
Nah teman teman itulah sekilas ulasan tentang Cara Mengobati Infeksi Telinga Pada Anjing yang bisa saya share informasinya buat teman teman semoga dapat membantu dalam mengatasi infeksi pada anjing peliharaan teman teman.
Previous
Next Post »