6 Cara Menghilangkan Kutu Pada Hamster

Cara Menghilangkan Kutu Pada Hamster - Hamster adalah binatang sejenis hewan pengerat, terdapat berbagai jenis di dunia dan hampir ada di tiap negara. Bentuknya yang kecil membuat hamster mudah untuk dibawa ke mana-mana dan tidak memerlukan kandang yang terlalu besar untuk merawatnya. Hamster termasuk ke dalam subfamili Cricetinae.
Hamster merupakan hewan yang memiliki bulu yang cukup panjang sehingga membuatnya mudah terserang kutu, tentu hal tersebut tidak mengenakan buat teman teman yang memilihara hamster dirumah maka dari itu sebaiknya teman teman ketahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya salah satunya yakni biasanya hamster akan sering melakukan garukan pada bagian tubuhnya atau juga menggesekan tubuhnya pada dinding hal tersebut tidak baik buat kesehatan hamster sebab dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dan bulu menjadi rontok, kutu memang selalu ada pada tubuh hamster yang jika jumlahnya biasa maka tidak berbahaya dan bisa hilang dengan cara memandikan hamster. Namun jika kutu sudah terlalu banyak, maka bisa mengancam nyawa hamster. untuk itu dibutuhkan penanganan yang tepat agar kutu yang ada pada hamster menghilang.

Cara Menghilangkan Kutu Pada Hamster

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan kutu pada hamster yang bisa teman teman lakukan dirumah dan dalam hal ini telah dirangkum agar mudah dipahami diantaranya:

1. Disinfeksi Kandang

Cara pertama yang bisa teman teman lakukan adalah dengan melakukan disinfeksi kandang dengan menggunakan alkohol isoprofil sebab dengan melakukan cara ini bisa mencegah perkembangbiakan dari kutu, cara penggunaanya yakni pindahkan terlebih dahulu hamster ketempat lain atau kandang lain setelah itu gosokan alkohol pada permukaan kandang kemudian keringkan dengan handuk kertas bersih, usahakan tidak mengenai tempat makan dan minum hamster.

2. Menggosokan Kandang Dengan Sabun

Cara kedua yang bisa dilakukan yakni dengan menggosokan kandang dengan sabun hal ini juga efektip untuk membasmi kutu cara penggunaan yakni campurkan satu sendok makan sabun cuci denggan 6 gelas air hangat hingga merata langkah selanjutnya menggosokan bahan tadi pada seluruh bagian kandang menggunakan spon jika sudah bilas dengan air bersih.

3. Bawa ke Dokter Hewan

Cara ketiga yakni dengan membawa hamster kedokter hewan agar dapat diagnosis segera apa penyebab hamster mudah terkena serangan kutu dan diberikan penanganan yang tepat agar tidak terserang kutu lagi.

4. Isi Kandang Dengan Serutan Aspen

Cara keempat yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi kandangan hamster dengan serutan aspen selain sebagai tempat tidur alami juga memiliki ketahan yang baik untuk serangan kutu, melakukan cara ini diperlukan pergantian secara berkala sebab kita harus menjaga kandang bersih dari kotoran hamster.

5. Bekukan Alas Hamster

Cara kelima yang bisa dilakukan yakni dengan cara membekukan alas hamster hal ini berguna untuk memastikan kutu tidak akan ada lagi yang hidup dan untuk pembekuanya sendiri teman teman bisa menyimpanya pada freezer selama 48 jam untuk penggunaanya kelurakan alas tadi lalu biarkan hingga suhunya sudah menyemai suhu ruangan.

6. Menggunakan Anti Tungau 

Cara keenam yang bisa dilakukan yakni menggunakan anti tungau untuk penggunaanya sebaiknya gunakan dosis yang sesuai petunjuk pada kemasan kemudian hindari bagian telinga dan hidung agar tidak terkena semprotan dari obat anti tungau ini.
Baca Juga Artikel Berikut :
Nah teman teman itulah sekilas ulasan tentang Cara Menghilangkan Kutu Pada Hamster yang bisa saya share informasinya buat teman teman semoga dapat menambah wawasan dan dapar memberikan penangan yang tepat jika teman teman memiliki hamster dirumah.
Previous
Next Post »