7 Jenis Kura - Kura Darat Yang Bisa Kamu Pelihara

Jenis Kura - Kura - hay sobat pecinta hewan, kembali lagi bersama saya dalam artikel artikel yang membahas mengenai dunia hewan, dalam kesempatan kali ini akan membahas mengenai kura kura. tentu hewan yang satu ini sangat familiar sekali buat teman teman tetapi kebanyakan orang banyak yang keliru bahwa kura kura dan penyu itu sama padahal anggapan tersebut salah karena sebenarnya antara kura kura dan penyu itu berbeda karena kura kura adalah family dari testudinidae.
 

Kura kura merupakan hewan Vertebrata berkaki empat yang bersisik. Cangkangnya – yang terdiri atas dua bagian yakni carapace dan plastron, menjadi pelindung baginya saat diserang oleh pemangsa. Kura-kura sendiri terbagi atas dua, yakni kura-kura darat (land tortoise) dan kura-kura air tawar (freshwater tortoise / terrapins). Nah dalam kesempatan kali ini akan menshare buat teman teman apa saja sih jenis kura kura yang bisa kamu pelihara dirumah untuk lebih jelas silahkan simak informasinya dibawah ini.

1. Aldabra


Kura - kura aldabra atau biasa dikenal dengan nama ilmiahnya Aldabrachelys gigantea adalah kura kura berukuran besar dan termasuk kedalam kura kura terbesar didunia, kura - kura yang memiliki umur yang paling panjang dibandingkan dengan jenis kura kura lainya, dimana umur kura kura jenis ini umurnya bisa mencapai 225 tahun, kura kura ini memiliki cangkang yang bentuknya seperti kubah yang berfungsi untuk melindunginya dari serangan musuh, memiliki leher yang panjang untuk menggapai dedaunan.untuk populasinya sendiri kura kura aldabra bisa ditemui di pulau aldabra.

2. Galapagos


Kura - kura galapagos atau juga bisa dikenal dengan nama ilmiahnya Chelonoidis nigra adalah sepesies kura kura yang termasuk kedalam kura kura terbesar didunia sama seperti kura kura aldabra dimana ia memiliki berat sekitar 272 - 317 kg, memiliki leher yang panjang dan termasuk hewan pemakan tumbuhan serta termasuk kedalam hewan yang dilindungi.

3. African Spurred Tortoise


Selanjutnya yakni kura kura African Spurred Tortoise atau nama ilmiahnya Centrochelys sulcata adalah kura kura yang memiliki cangkang yang unik yakni seperti kerutan pada sisik cangkangnya dan untuk populasinya sendiri jenis kura kura ini bisa ditemui digurun sahara.

4. Red-footed Tortoise 


Red-footed Tortoise dengan nama ilmiahnya Chelonoidis carbonaria merupakan kura kura yang berasal dari amerika selatan dimana jenis kura kura ini memiliki warna cangkang yang unik yakni didominasi oleh warna gelap dan sedikit warna cerah seperti pada gambar diatas. 

5. Leopard Tortoise 


Leopard Tortoise atau bisa dikenal dengan nama ilmiahnya Stigmochelys pardalis memiliki ciri khas yakni warna cangkang yang didominasi oleh warna cerah dan dipadukan dengan bercak bercak hitam dan populasinya sendiri yakni diafrika selatan.

6. Radiated Tortoise


Selanjutnya yakni Radiated Tortoise dengan nama ilmiahnya Astrochelys radiata adalah merupakan kura kura darat terindah karena memiliki warna cangkang yang memanjakan mata untuk melihatnya untuk populasinya sendiri jenis kura kura ini bisa ditemui di pulau madagascar.

7. Brazil 


Brazil atau biasa dikenal dengan nama ilmiahnya Red Ear Slider merupakan kura kura yang berasal dari brazil kura kura jenis ini juga memiliki warna cangkang yang unik yakni berupa warna yang didominasi oleh warna hijau dan sangat populer sekali dipelihara oleh orang orang indonesia.
Baca Juga Artikelnya :
Nah teman teman itulah sekilias ulasan tentang Jenis Kura - Kura yang bisa menjadi hewan peliharaan teman teman dirumah,semoga dapat menambah wawasan sobat tentang jenis kura kura darat yang bisa dipelihara 
Previous
Next Post »