Mengenal 6 Ciri Ciri Tikus

Tikus - Apakah teman teman mengenal tikus? mungkin sangat familiar sekali bukan, tikus biasanya dapat dengan mudah ditemui dirumah teman teman atau tempat tempat yang sudah jarang dihuni,  Tikus adalah binatang mamalia yang sering kita jumpai di sekitar kita. Hewan mengerat ini identik dengan lingkungan kotor dan penyakit. Banyak penyakit yang dapat ditularkan melalui tikus, baik melalui urinnya, gigitannya atau bahkan lewat gigitan kutu yang menempel di tubuhnya.
Meski tikus sangat familiar sekali buat teman teman tetapi nyatanya masih banyak dari kita yang belum mengetahui ciri ciri dari tikus itu sendiri maka dari itu untuk mengatasi permasalahan tersebut saya akan mengulasnya buat teman teman tentang ciri ciri tikus salah satu ciri yang dimiliki adalah memiliki dua pasang kaki dan masih banyak lagi ciri ciri yang dimiliki oleh tikus jadi untuk lebih jelasnya silahkan simak informasinya dibawah ini.

Ciri Ciri Tikus  

Berikut adalah ciri ciri yang dimiliki tikus yang mesti teman ketahui agar teman teman dapat mengetahui apakah hewan yang teman teman temui adalah tikus atau hewan lain dan dalam hal ini telah dirangkum agar mudah dipahami diantaranya yakni :

1. Termasuk Hewan Mamalia

Hal pertama yang bisa teman perhatikan yakni tikus termasuk hewan mamalia atau hewan yang memiliki kelenjar susu dimana berguna untuk sumber makanan dari anak anak tikus.

2. Termasuk Hewan Omnivora

Tikus merupakan hewan omnivora atau hewan pemakan segala dimana jenis makananya yakni bisa sayuran, serangga, keju dan masih banyak lainya.

3. Vivipar

Ciri selanjutnya yang bisa teman teman lihat yakni merupakan hewan vivipar atau hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dimana saat melahirkan tikus biasanya bisa melahirkan 5 anak.

4. Bagian Kepala 

Pada bagian kepala tikus memiliki sepasang telinga, memiliki mata berwarna hitam, terdapat kumis pada pipinya, memiliki penciuman yang tajam terhadap makanan, memiliki gigi kecil yang kuat dimana sering merusak perabotan yang ada dirumah

5. Bagian Tubuh

Tikus umumnya memiliki bulu bulu halus dengan warna yang bermacam macam seperti hitam, putih, coklat dan masih banyak lagi, untuk ukuran tubuhnya sendiri panjangnya bisa mencapai 12 - 20 cm dan beratnya bisa mencapai 20 - 30 gram.

6. Bagian Kaki

Selanjutnya yakni pada bagian kaki tikus memiliki dua pasang kaki dimana sepasang pada kaki bagian depan dan sepasang lagi dibagian belakang yang berukuran kecil, biasanya tikus memiliki ekor yang ukuranya cukup panjang ada yang bersisik dan ada yang berbulu     
Baca Juga Artikel Berikut :
Nah teman teman itulah sekilas ulasan tentang Ciri Ciri Tikus yang bisa share informasinya buat teman teman semoga dapat menambah wawasan teman teman tentang tikus dan dapat membedakan antara tikus dengan hewan lainya.
Previous
Next Post »