11 Cara Budidaya Semut Jepang Bagi Pemula

Cara Budidaya Semut Jepang - Hay guys, kembali lagi bersama dalam artikel artikel yang membahas seputar dunia game dan dalam kesempatan kali ini saya akan menshare tentang cara budidaya semut jepang, mungkin saat ini teman teman belum familiar dengan semut jepang ini , dan mungkin ada yang bertanya apa sih kegunaanya memelihara atau membudidayakan semut jepang ini? kegunaan dari membudidaya semut jepang itu memiliki banyak manfaat loh salah satunya untuk kesehatan dimana nantinya semut jepang ini akan dijadikan obat herbal untuk mengatasi beberapa permasalahan kesehatan yang diderita manusia.
Apakah sobat semua sebelumnya sudah mengenal atau bahkan sudah pernah merasakan atau menggunakan pengobatan dengan menggunakan semut jepang ini sobat? Jika anda penasaran, tidak ada salahnya nih sobat, sobat semua menyimak ulasan berikut ini. Sebenarnya untuk nama semut jepang sendiri diberikan pada semut ini karena awalnya berasal dari negara jepang dan masuk ke indonesia.

Cara Budidaya Semut Jepang

Nah sobat semua, karena memang semut jepang ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan karena kasiatnya bagi kesehatan yang sangat banyak, sudah banyak pecinta obat herbal yang mulai membudidayakan semut jepang ini. Nah bagi sobat semua yang ingin tau cara pembudidayaan semut jepang, yuk sobat semua mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Persiapkan Benih Yang Akan digunakan

Hal pertama yang mesti teman teman perhatikan yakni mempersiapkan benih yang akan digunakan dalam jumlah banyak hal ini agar jumlah anakan menjadi banyak dan lebih cepat, nah buat teman teman yang bingung dalam memilih seperti apa semut jepang yang berkualitas baik tidak usah pusing karena bisanya semut jepang dari awalnya sudah memiliki kualitas yang baik.

2. Penyediaan Wadah Yang Tepat

Hal kedua yang bisa teman teman lakukan yakni dengan menyediakan wadah yang tepat untuk membudidayakan semut jepang, teman teman bisa menggunakan toples kemudian membuat beberapa lubang dan menutupnya dengan kain kasa hal ini perlu dilakukan agar debu tidak masuk kedalam toples tersebut.

3. Siapkan Ragi

Kemudian yang ketiga teman teman bisa menyiapkan ragi, dimana ragi ini berfungsi untuk proses pembudidayaan semut jepang, jadi jangan lupa disediakan.

4. Pengaturan Suhu Yang Tepat

Usahakan pada saat teman teman membudidayakan semut jepang mengatur suhu yang tepat, dimana semut jepang suhu yang lembab yakni antara 28 sampai 31 derajat celcius hal ini juga bermanfaat untuk menghindarkan semut jepang terhindar dari serangan semut merah dimana jenis semut ini adalah semut pemangsa, dan jangan lupa hindari menempatkan toples tersebut terkena langsung dengan sinar matahari.

5. Sediakan Kapas Sebagai Bahan Penunjang

Yang kelima teman teman sediakan kapas seperlunya dan kemudian masukan kedalam toples yang akan gunakan sebagai wadah untuk budidaya semut jepang dimana kapas ini berguna sebagai sarang dan teman teman perhatikan juga segi kualitas kapas yang teman teman gunakan sebaiknya gunakan kapas yang lembut agar semut jepang merasa nyaman bersarang pada kapas tersebut.

6. Pengaplikasikan Ragi

Pada langkah sebelumnya teman teman telah menyiapkan ragi maka pada proses ini yakni mengaplikasikan ragi yakni dengan menaburkan secara merata kebagian kapas yang akan dijadikan sebagai sarang tadi, tunggulah beberapa saat jika sudah barulah teman teman masukan induk semut jepang yang akan dibudidayakan.

7. Tempatkan Toples Dalam Suasana Tenang

Langkah selanjutnya yakni dengan menentukan tempat menaruh toples dimana semut jepang lebih suka disusana yang tenang karena jika ditempat yang tidak tenang akan membuat semut jepang menjadi stress dan juga membuat perkembangbiakan semut jepang tidak sempurna.

8. Jagalah Kebersihan Wadah Yang Digunakan Budidaya

Selanjutnya yakni menjaga kebersihan wadah yang teman teman gunakan untuk budidaya hal ini berguna sekali karena akan membuat semut jepang merasa nyaman berada diwadah tersebut, selain itu juga menghindarkan semut jepang dari serangan penyakit.

9. Pemberian Pakan Secara Teratur

Seperti hewan peliharaan atau hewan ternak pada umumnya, semut jepang ini pun harus diberikan asupan makanan secara teratur agar perkembang biakannya bisa berjalan dengan lancar dan menghasilakan anak semut yang sehat ya sobat yang nantinya bisa anda jual kepada pelanggan obat obat herbal. Adapun pakan untuk semut jepang ini adalah ragi tape, caranya anda cukup memecah mecahkan ragi tape tersebut dan menaburkannya apda kapas tempat semut tersebut bersarang.

10. Hindari Tempat Budidaya Semut Dari Air

Hal ini juga tidak kalah penting loh, dimana saat teman teman membudidayakan semut jepang jangan sampai wadahnya terkena air karena jika terkena akan merusak ekosistem dari semut jepang.

11. Waktu Panen Semut Jepang

Pertumbuhan semut jepang yang normal adalah satu bulan. Tetapi kami anjurkan lakukanlah panen pada semut tersebut dalam jangka waktu 3 sampai 4 bulan ya sobat, karena akan menghasilkan kualitas semut jepang ynag lebih baik tentunya, selain itu hasilnya juga bisa bertambah hingga 6 kali lipat sobat.
Baca Juga Artikel Berikut :
Nah teman teman itulah sekilas ulasan tentang Cara Budidaya Semut Jepang yang bisa saya share informasinya buat teman teman, semoga bermanfaat buat teman teman yang ingin mencoba membudidaya semut jepang dirumah.       
Previous
Next Post »