Mengenal 6 Ciri Ciri Ikan Lele

Ciri Ikan Lele - Hay guys berjumpa kembali bersama dalam artikel artikel menarik seputar dunia hewan dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai ciri ciri ikan lele, Apakah diantara teman teman tahu ikan lele itu seperti apa? atau mungkin baru pertama kali mendengarnya.
Ikan lele adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar dan merupakan salah satu ikan konsumsi yang paling banyak diminati dan juga harganya lebih murah ketimbang ikan lain, nah buat teman teman yang ingin mengetahui lebih jauh apa saja ciri ciri yang dimiliki ikan lele bisa simak informasinya dibawah ini.

Mengenal Ciri Ciri Ikan Lele 

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri yang dimiliki oleh ikan lele yang bisa teman teman ketahui dan dalam hal ini telah dirangkum agar mudah dipahami diantaranya yakni :

1. Terdapat Misai

Mungkin teman teman baru pertama kali mendengarnya bukan, misai disi adalah merupakan salah satu bagian tubuh dari lele yang lebih tepatnya berada dikepala lele, yakni dibagian bibir dengan jumlah keseluruhan ada 8 buah misai baik bibir atas maupun bibir bawah.
Misai ini sendiri berfungsi untuk mencari dan menemukan mangsanya, misai ini seperti halnya alat peraba selain itu juga misai ini juga bisa menjadi alat pengecap sehingga meski bersembunyi didasar akan tetap tercium.

2. Memiliki Kulit Licin 

Berbeda dengan kebanyakan jenis ikan lainya yang kulitnya bersisik ikan lele memiliki kulit yang licin, mengapa kulit ikan lele ini licin karena dengan kulit yang licin membuat ikan lele dapat dengan mudah bergerak diatas tanah.

3. Mempunyai 7 Sirip

Ikan lele mempunyai 7 sirip yakni berada dibagian punggung, dubur dan ekor, dimana ada beberapa sirip yang saling berpasangan dan untuk fungsi dari sirip ini sendiri yakni untuk memudahkan lele dalam berenang.

4. Memiliki Sirip Besar di Bagian Dada

Ciri selanjutnya yang ada pada ikan lele yakni terdapat sirip besar dibagian dimana sirip ini dikenal dengan sebutan patil, patil ini jika terkena kulit akan membuat teman teman merasa kesakitan karena efek yang diberikan oleh patil ini yakni racun, patil ini adalah merupakan salah satu senjata pertahanan dari ikan lele jika diserang oleh musuhnya.

5. Memiliki Organ Labirin

Pernah nggak teman yang mungkin pernah melihat ikan lele yang bisa bertahan hidup lama meski kondisi air yang minim ? jika ya pasti akan timbul pertayaan kok bisa ya ikan lele bertahan hidup dikondisi seperti itu? jawabnya adalah karena ikan lele memiliki organ labyrint dimana organ ini berfungsi sebagai ingsang tambahan sehingga ikan lele dapat bertahan hidup berjam jam.

6. Mempunyai Bentuk Mulut Yang Panjang

Ikan lele memiliki ciri khas yakni memiliki bentuk mulut yang panjang dan lebar hampir sama dengan ukuran tubuhnya, hal inilah yang menadakan ikan lele adalah ikan konsumsi yang rakus. 
Baca Juga Artikel Berikut :
Nah teman teman itulah sekilas ulasan tentang Ciri Ikan Lele yang bisa saya share informasinya buat teman teman, semoga dapat membantu teman teman dalam mengenali ikan lele lebih jauh, sampai jumpa pada artikel lain yang tidak kalah menarik tentunya. 
Latest
Previous
Next Post »