10 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing dengan Cepat

Obat Jamur KucingSebelum berjalan jauh, Kamu bisa terlebih dahulu melihat ciri-ciri kucing kamu yang terkena jamur yaitu, pertama coba lihat apakah bulu rontok dengan pola melingkar sehingga terlihat kulitnya, kemudian apabila diraba terasa ada benjolan agak kasar ditubuhnya, lalu munculnya bercak putih menyerupai ketombe ataupun sisiknya. Kemudian yang paling sering terjadi kerontokan adalah pada bagian wajah dan telinga, perut, ekor, maupun anggota badan yang lain. Lalu puncak kerontokan pada kucing pun terlihat dalam waktu 5 minggu sejak kontak dengan Microsporum canis yang menjadi penyebab jamur.
Beberapa kucing pun bisa menjadi pembawa dan menularkan kepada kucing lain, maupun kepada manusia. Jamur dapat sembuh dengan 4 – 6 bulan. Kucing dengan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat tumbuh kembali ditempat yang sama hingga 6 bulan kemudian.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa teman teman lakukan agar dapat menghilangkan jamur pada kucing peliharaan dirumah dan dalam hal ini telah dirangkum agar mudah dipahami diantaranya yakni :

1. Mengkarantina Kucing

Hal pertama yang bisa teman teman lakukan yakni memisahkan kucing yang terkena jamur tersebut dengan kucing lain dimana teman teman bisa menempatkanya dikandang khusus sendiri, hal ini perleu dilakukan agar penyakit jamur yang diderita kucing tersebut tidak menular kekucing lain kemudian bedakan kembali seperti tempat makan, handuk, alas tidur dan handuknya.

2. Cukur Bulu 

Hal kedua yakni dengan mencukur bulu kucing yang terinfeksi jamur, biasanya bulu bulu yang berada disekitar kulit yang terinfeksi jamur biasanya lebih rapuh sehingga mudah dalam proses pencukuran dan pada proses ini sebaiknya gunduli area yang terinfeksi tersebut hal ini berguna sekali untuk mempermudah pengobatan.

3. Memandikan 

Langkah selanjutnya yang bisa teman teman lakukan yakni dengan memandikan kucing tersebut hal ini berguna sekali untuk menghambat pertumbuhan jamur teman teman juga sebaiknya gunakan sampo sebazole, malaseb pada saat memandikanya.

4. Pengeringan

Setelah memadikan kucing maka langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan bulu kucing hal ini perlu dilakukan karena jika terdapat kelembapan pada tubuh kucing tersebut maka akan memicu jamur menjadi lebih produktif untuk berkembangbiak, dan untuk waktu pengeringanya kurang lebih 15 menit agar hasilnya lebih maksimal pada saat pengeringan.

5. Pengolesan Salep, Krim Khusus Kucing

Langkah kelima yang bisa teman teman lakukan yakni dengan mengoleskan salep atau krim khusus kucing dimana salep ini memiliki kandungan sulfur yang bisa mengobati jamur dan untuk lebih praktisnya teman teman juga bisa menggunakan spray jamur dimana proses pengobatnya teman teman hanya tinggal menyemprotkan kebagian tubuh kucing yang terinfeksi jamur.

6. Obat Oral

Untuk obat oral yaitu pengobatan yang dilakukan dengan memasukkan benda/obat kedalam tubuh melalui mulut. Metode yang satu ini adalah yang paling cocok untuk memasukkan obat ke dalam tubuh. Namun, dalam penggunaannya tidak boleh sembarangan, kamu perlu melakukan kosultasi terlebih dahulu kepada yang ahlinya maupun kepada dokter hewan kemudia akan diberikan obat dengan dosis beserta takarannya.

7. Menjaga Kebersihan Kandang dan Peralatan Makan

Selain memberikan obat oral seperti cara ke enam teman teman juga harus menjaga kebersihan dari kandang kucing hal ini perlu dilakukan agar kandang kucing menjadi lebih nyaman, terhindar dari area area lembab yang dapat menumbuhkan jamur dan jangan lupa peralatan makan juga harus dibersihkan agar kuman tidak menempel pada tempat makan tersebut.

8. Berikan Vitamin

Langkah selanjutnya yakni dengan memberikan vitamin pada kucing hal ini berguna sekali untuk menjaga daya tahan tubuh dari kucing sehingga terhindar dari penyakit serta dapat menambah nafsu makan kucing.
Baca Juga Artikel Berikut :

9. Minyak Tawon

Minyak tawon berisi cairan didalam botol kaca. Begitu banyak jenis minyakk tawon, kamu bisa menggunakan yang berpenutup warna merah sebagai pilihan.. karena pada dasarnya kucing bukan pengguna minyak pijat maka pilihan minyak tawon yang hangatnya paling minimal dan kadar panas yang sedikit. Kamu bisa menggunakannya dengan mengolei minyak tawon ke tubuh kucing namun jangan terlalu banyak cukup dengan dosis feeling saja. Oleskan minyak tawon dengan kadar yang cukup, sedikit saja namun merata.

10. Cairan Herbal

Alternative lain yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan cairan herbal yang aman dikonsumsi si kucing. Cairan tersebut bisa kamu buat sendiri maupun di beli di toko hewan peliharaan. Cairan herbal biasanya mengandung bahan alami di alam seperti daun srikaya, garam, jeruk nipis, sereh, jahe, sambilotom, daun sirih maupun cuka apel. Penggunaan minyak kelapa murni maupun oba herbal pun lebih aman untuk kucing kamu.

Nah teman teman itulah sekilas ulasan tentang Obat Jamur Kucing yang bisa saya share informasinya buat teman teman semoga dapat membantu teman teman dalam mengobati kucing peliharaanya yang terkena jamur.
Previous
Next Post »