Ini Dia 8 Cara Penangkaran Burung Jalak Bali

Cara Penangkaran Burung Jalak Bali - Hay sahabat pecinta hewan, kembali lagi bersama dalam artikel artikel seputar dunia hewan dan dalam kesempatan kali ini saya akan menshare tentang cara penangkaran burung jalak bali, jalak bali merupakan salah burung yang paling banyak dipelihara oleh para pecinta burung.
Buat teman teman yang ingin memelihara burung jalak bali sebaiknya ketahui terlebih dahulu bahwa burung jalak bali adalah burung yang mudah strees sehingga perlu diberikan penangan ekstra agar nantinya burung jalak balik dapat hidup lama, oleh karena itu sebaiknya teman teman simak informasi yang akan saya ulas ini agar burung jalak bali teman teman sehat. 

Cara Penangkaran Burung Jalak Bali

Berikut ini adalah beberapa cara penangkaran burung jalak bali yang bisa teman ketahui dan dalam hal ini telah dirangkum agar mudah dipahami diantaranya yakni :

1. Memandikan Burung Jalak Bali

Pertama tama teman bisa memandikan burung jalak teman teman pada pagi hari dengan semprotan atau spray dan untuk memandikan burung jalak yang tepat teman bisa memilih waktu yakni antara jam 7 dan jam 8 pagi jika kondisi cuaca tidak memungkinkan teman teman bisa memandikanya agak siang.

2. Fasilitas Kandang Dengan Tempat Mandi

Jika burung jalak bali teman teman sudah terbiasa mandi sendiri bisa memberikan tempat mandi dengan ukuran 20 - 25 cm dengan tinggi 8 - 9 cm, jangan lupa mengganti tempat mandi jika sudah digunakan.   

3. Melakukan Penjemuran

Selain rutin memandikan burung jalak teman teman juga bisa melakukan penjemuran pada burung jalak bali selama 1 jam atau tergantung dengan cuaca jika kurang baik bisa menjemurnya lebih lama .

4. Rutin Memberikan Pakan, Perhatikan Gizi dan Nutrisinya

Hal yang mesti teman teman perhatikan yakni dengan rutin memberikan pakan pada burung jalak bali dimana teman teman bisa memberikanya pisang kepok, pepaya ataupun buah lainya dan jangan lupa perhatikan gizi dan nutrisi dari makanan yang diberikan pada burung jalak teman teman bisa juga memberikan selingan pakan yakni berupa jangkrik dimana pemberian pakan ini pada pagi hari diberi 2 - 3 jangkrik begitupun pada sore hari.

5. Memberikan Glodog di Kandang

Agar burung jalak bali tidak stress teman teman bisa memberikan glodog atau batang pohon yang sudah dilubangi kemudian teman teman juga bisa memakai kandang koloni karena dengan cara ini akan membuat burung jalak bali jantan bebas mencari pasanganya.

6. Memperhatikan Umur Burung Jalak Bali

Buat teman teman yang ingin memelihara burung jalak bali dan mudah menjinakannya silahkan pilih burung jalak yang umur masih muda hal ini dikarenakan pada umur tersebut burung jalak bali mudah beradaptasi dengan lingkungan.

7. Memberikan Pelatihan Rutin

Selain dengan memberikan perawatan teman teman juga bisa memberikan pelatihan rutin karena hal ini sangatlah penting jika kalian ingin menjalin kedekatan di antara kalian. Sebagai pemilik seharusnya kalian mengetahui waktu aktif, kalian juga sebaiknya menghindari melakukan aktivitas pelatihan pada siang hari. ditambah lagi melakukannya di luar ruangan saat siang hari terik, karena ini tidak cocok dengan waktu aktif mereka. Untuk pelatihan yang bisa teman teman lakukan yakni bisa dengan memberikan makanan pada tangan teman teman, melatih keluar masuk burung jalak bali dari sangkar, melatih siulan terus lakukan hal ini hingga burung jalak benar benar terbiasa, hal ini adalah salah satu metode untuk menjinakan burung jalak bali.

8. Menjaga Kebersihan Kandang

Hal terakhir yang mesti teman teman perhatikan yakni dengan menjaga kebersihan kandang hal ini perlu dilakukan agar kadang tetap terjaga kebersihannya dan burung jalak tidak mudah terkena penyakit dan burung jalak akan tetap merasa nyaman saat berada dikandang.
Baca Juga Artikel Berikut :
Nah teman teman itulah sekilas tentang Cara Penangkaran Burung Jalak Bali yang bisa saya share informasinya buat teman teman, semoga dapat membantu teman teman yang ingin memelihara burung jalak bali dirumah.
Previous
Next Post »